Pengertian Manajemen

manajemen adalah melakukan pekerjaan melalui orang lain. Definisi tersebut kelihatanya masih belum lengkap, karena manajemen sebagai pengerak dalam organisasi itu untuk mencapai tujuan . disamping itu, perlu dijelaskan juga bagaimana orang-orang lain mencapai tujuan melalui kerjasama. Oleh karena itu definisi yang kini berkembang adalah bahwa manajemen adalah proses mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan dan kerjasama orang-orang lain.

Dari sudut istilah manajemen berasal dari kata kerja “manage” kata ini menurut kamus the random house dictionary of the English language, college edition, berasal dari bahasa italia “manegg (iare)” yang bersumber pada perkataan latin “manus” yang berarti “tangan”. Secara harfiah manegg (iare) berarti “menangani atau melatih kuda”, sementara secara maknawiah berarti “memimpin, membimbing atau mengatur” (effendi, 1993: 4). Ada juga yang berpendapat bahwa manajemen berasal dari kata kerja bahasa inggris “to manage”  yang sinonim dengan to hand, to control dan to guide (mengurus, memeriksa dan memimpin). Untuk itu dari asal kata ini manajemen dapat diartikan pengurusan, pengendalian, memimpin atau membimbing (effendi, 1986 : 9)

dengan demikian dapat dipahami bahwa managemen adalah sebuah proses yang khas terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan serta evaluasi yang dilakukan pihak pengelola organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainya.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: