Pengertian Pendidikan

Pendidikan berasal dari bahasa yunani “paedagogie”  ysang terbentuk dari kata “pais” yang berarti anak dan “again” yang berarti membimbing. Dari arti kata itu maka dapat didefinisikan secara leksikal bahwa pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan kepada anak oleh orang dewasa secara sengaja agar anak menjadi dewasa. Kedewasaan anak ditentukan oleh kebudayaanya. Anak lahir dalam keadaan tidak berdaya dan orang dewasa membekalinya agar mampu mempertahankan kelangsungan hidup dan mengembangkan diri. Dalam pengertian ini maka pendidikan adalah sarana pewarisan keterampilan hidup sehingga keterampilan yang sudah ada pada suatu generasi dapat dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi sesudahnya sesuai dengan dinamika tantangan hidup yang dihadapi oleh anak.

Pendidikan adalah usaha manusia untuk membina kepribadianya sesuai dengan nilai-nilai dalam masyarakat dan kebudayaan. (Tim dosen FIP IKIP Malang, 1980: 1). Bila anak berperilaku sesuai dengan tuntutan cultural masyarakatnya maka dia dikatakan sebagai manusia terdidik.

Dalam perkembanganya pendidikan tidak lagi bersifat natural-instinktif. Prosesnya dapat dimanipulasikan untuk mengoptimalkan hasil belajar. Usha-usaha itu mendorong berkembangnya pendidikan sebagai ilmuyang sistematis. Menurut barnadib (1986: 5), ilmu pendidikan adalah ilmu yang membicarakan masalah-masalah pendidikan secara umum, menyeluruh dan abstrak, disamping praktek penggunaanya.

Pendidikan dapat dibatasi dalam pengertianya yang sempit dan luas. Dalam arti sempit pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menolong anak didik menjadi matang kedewasaanya. Pendidikan dalam pengertian ini dilakukan oleh institusi formal sekolah. Sedangkan dalam arti luas, semua manipulasi lingkungan yang diarahkan untuk mengadakan perubahan perilaku merupakan pendidikan. Semua perubahan kepribadian yang positif yang bukan karena kematangan merupakan hasil dari proses pendidikan.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: