Manfaat Pengukur Keberhasilan

Pengukuran dan evaluasi dalam pendidikan memberikan manfaat kepada berbagai pihak dalam beberapa hal:

  1. Bagi siswa
    1. Dengan mengetahui hasil belajarnya, siswa dapat menilai apakah cara belajarnya sudah efektif untuk mencapai hasil dan memperbaiki dan meningkatkanya di masa mendatang.
    2. Hasil belajar menginformasikan hasil jerih payah siswa dalam belajar. Hasil belajar yang tinggi akan memuaskanya dan makin memotivasinya untuk meningkatkan menjadi lebih baik. Hasil belajar yang rendah akan memacu siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya.

  1. Bagi guru

Guru mempunyai kepentingan untuk mengetahuio hasil evcaluasi pendidikan karena :

  1. Dengan evaluasi guru dapat mengetahui evektifitas mengajarnya. Hasil belajar menginformasikan apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai melalui proses pembelajaran. Dengan melihat hasil evaluasi, guru menilai efektivitas proses pembelajarannya.
  2. Hasil belajar merupakan cermin hasil kerja guru. Berdasarkan hasil belajar siswa, guru akan terdorong untuk memperbaiki proses pembelajaranya agar hasil belajar yang dicapai lebih optimal untuk memperbaiki proses pembelajaranyaagar hasil belajar yang dicapai lebih optimal. Hasil belajar yang tinggi akan memuaskan dan memotivasi untuk terus meningkatkan, sedangkan hasil belajar yang rendah memicu guru untuk memperbaiki pembelajaranya

 

  1. Bagi sekolah
    1. Hasil belajar mencerminkan prestasi sekolah mengelola pembelajaran. Hasil belajar ditentukan oleh banyak factor salah satunya adalah kebijakan sekolah yang menjadi konteknya.
    2. Hasil evaluasi merupakan sebuah bentuk pertanggung jawaban sekolah kepada orang tua siswa (masyarakat). Pendidikan asalnya merupakan tanggung jawab orang tua dalam keluarga. Dengan berkembangnya spesialisasi dan kompleksnya kebutuhan anak menghadapi tantangan masa depan maka orang tua mempercayakan pendidikan anaknya kepada sekolah.
    3. Hasil evaluasi merupakan paparan informasi (exposure) kepada orang tua calon siswasebagai bahan memilih sekolah yang akan memperoleh kepercayaan mendidik anaknya. dalam memilih pendidikan untuk anaknya, masyarakat memperlukan informasi mengenai kinerja sekolah.

 

  1. Bagi masyarakat
    1. Orang tua mempunyai informasi untuk memberikan penilaian kepada sekolah sebelum memilih sekolah yang akan dipercayakanya membedrikan pendidikan kepada  anaknya.
    2. Hasil evaluasi dapat menjadi media pertanggung jawaban sekolah kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan untuk mendidik anak-anaknya.

 

  1. Bagi pemerintah
    1. Hasil evaluasi dapat digunakan oleh pemerintah untuk menyusun patok mutu (benchmarking) pendidikan. Kwalitas pemyelenggaraan pendidikan dapat saja bervariasi antar daerah, namun mutu minimal perlu ditetapkan. Kebijakan itu dapat diambil berdasarkan informasi dari hasil evaluasi pendidikan.
    2. Evaluasi dilakukan untuk menjaga agar kwalitas outputsesuai dengan kebutuhan masyarakat secara terus menerus. Tuntutan kebutuhan terhadap pendidikan berubah sangat cepat. Pemerintah bertanggung jawab dalam perumusan regulasi yang memberikan jaminan akan kelangsungan kesesuaian layanan pendidikan dengan kebutuhan masyarakat. Upaya ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan berupa hasil evaluasi pendidikan.
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: