Upaya Untuk Meningkatkan Minat Belajar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia upaya diartikan usaha, akal, ikhtiar, untuk mencapai suatu maksud, memecahkan persoalan, mencari jalan keluarga dan sebagainya.[1]

Jadi, dapat dikatakan bahwa minat ini terkait dengan usaha, semisal seorang menaruh minat pada pelajaran PAI tentu ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk menguasainya, sebaliknya orang yang kurang berminat, ia kurang berusaha bahkan akan mengabaikannya. Sebagaimana firman Allah SWT., dalam surat An-Najm ayat 39.

Dan bahwasanya seorang manus­ia tiada memperoleh selain apa yang Telah diusahakannya, (QS. An-Najm: 39).[2]

 

Jadi upaya untuk membangkitkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI disini adalah usaha yang dilakukan guru agar peserta didik mengerti, memahami dan mengamalkan pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk-bentuk upaya untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran PAI.

  1. Membandingkan adanya suatu kebutuhan pada diri anak didik sehingga dia rela belajar tanpa paksaan.

Kebutuhan peserta didik pada umumnya adalah setelah proses belajar mengajar selesai adalah bisa kerja. Disini seorang guru harus bisa memberikan materi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan tersebut.

Dijelaskan bahwa kerja ada hubungannya dengan usaha, usaha harus disertai dengan minat yang sungguh-sungguh sehingga akan membawa hasil. Contoh: orang yang berminat untuk belajar maka ia akan mendapatkan hasil belajar yang baik, orang yang berminat pada usaha maka ia akan membawa hasil.

  1. Menghubungkan bahan pelajaran yang diberikan dengan persoalan pengalaman yang dimiliki anak didik, sehingga anak didik mudah menerima bahan pelajaran. Contoh: praktek shalat, setiap hari siswa mengalaminya sendiri jadi dapat mempermudah guru untuk menjelaskannya.
  2. Memberikan kesempatan kepada anak didik untuk mendapatkan hasil belajar yang baik dengan cara menyediakan lingkungan belajar yang kreatif dan kondusif. Contoh: seorang guru dalam proses belajar mengajar dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, tidak membedakan antara murid yang satu dengan yang lainnya, memberikan kesempatan peserta didik untuk berkompetensi yang sehat, sehingga proses belajar mengajar tercipta dengan hasil yang baik.
  3. Menggunakan berbagai macam bentuk dan teknik mengajar dalam konteks perbedaan individual anak didik.[3]

Seorang guru harus memvariasikan metode mengajar dan harus bisa menyesuaikan metode antara anak didik yang satu dengan yang lainnya.

 

 

 

Contoh:

-          Siswa yang dalam aktivitas belajar lebih senang dengan aktivitas mendengarkan, maka seorang guru harus menerangkan dan menjelaskan dengan metode ceramah.

-          Siswa yang senang dengan aktivitas latihan/praktek, maka seorang guru harus bisa mengkombinasikan antara metode ceramah dengan metode drill/latihan dan lain-lain.

Membangkitkan minat belajar di perlukan beberapa syarat:

  1. belajar harus menarik perhatian
  2. obyek/keadaan yang kekuatannya menarik akan menimbulkan minat belajar.
  3. masalahnya berulang-ulang terjadi
  4. semua kegiatan harus kontras.

Selain itu, minat juga dapat di bangkitkan dengan cara  banyak memberikan dorongan(motivasi) kepada anak dan dengan memberikan sugesti, misalnya iming-iming yang menggiurkan. Setiap anak cenderung menyukai hal-hal yang menggiurkan tanpa berfikir panjang sebab kemampuan logikanya masih amat terbatas.[4]

Minat juga dapat di bangkitkan dengan adanya dorongan berbagai pihak, seperti yang di katakan Kasijan dalam bukunya psikologi pendidikan: minat sangatlah erat hubungannya dengan dorongan (drive) motif dan reaksi emosional.[5]


[1] Tim Penyusun Kamus Pusat, op.cit., hlm. 995.

[2] Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: PT  Bumi Restu, 1978), hlm. 874.

[3] Syaiful Bahri Djamarah, dkk., Strategi Belajar dan Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), hlm. 133.

[4] Bukhori Abu A. Yusuf Amin, Cara Mendidik Anak menurut Islam, (Bogor: Syakira Pustaka, 2007), hlm. 80.

[5] Kasijan, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Nur Cahya,1989), hlm. 303.

About these ads
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: